ANDA MEMASUKI WILAYAH ZONA INTEGRITAS BALAI BESAR KERAMIK MENUJU WILAYAH BEBAS DARI KORUPSI DAN WILAYAH BIROKRASI BERSIH MELAYANI                                     LSPro BBK Melayani Jasa Layanan Sertifikasi Industri Hijau

Dunia Keramik

Tips cara membersihkan lantai keramik

Input By: Sukiyo | Posted on: 2016-04-12 08:11:08

Illustrasi foto lantai keramik (sumber :stocksnap.io)

Selain tampilan yang bagus dan menarik, ubin lantai keramik memiliki kelebihan yaitu mudah dalam perawatan. Keramik dibuat dari lempung dan dibentuk yang kemudian dibakar di tungku pada temperatur yang sangat tinggi.

Proses ini menciptakan daya tahan keramik yang lebih unggul dibandingkan dengan bahan lantai lainnya seperti lantai semen beton dan lantai kayu. Ketika keramik permukaannya diberi glasir, glasir ini dapat melindungi dari kotoran, seperti noda air dan bahan kimia. Meskipun mudah dalam perawatan akan tetapi harus ada beberapa tahap untuk memastikan lantai keramik dalam kondisi optimal.

Bagaimana cara untuk membersihkan lantai keramik ? Hal yang paling utama agar lantai tetap bersih ialah apabila ada noda debu dan tumpahan agar sesegera mungkin dibersihkan jangan sampai dibiarkan terlalu lama, karena kotoran yang terlalu lama dibiarkan akan lebih sulit untuk dibersihkan.

Perawatan rutin juga sangat penting, cara termudah, tercepat , dan juga cara paling efektif adalah secara rutin menyapu, menyedot debu dengan vakum cleaner, melap dengan lap basah keramik di kamar mandi, ruangan, ataupun di dapur.

Penyapuan lantai atau disedot dengan vakum cleaner menghilangkan kotoran dan debu sebelum kotoran menyatu dengan celah-celah lantai keramik. Melap dengan air hangat dan menggunakan produk pembersih yang direkomendasikan juga akan meningkatkan kilap dan kecerahan lantai.

 Bahan pembersih alternatif yang bisa digunakan adalah campuran cuka putih dicampur dengan air yang agak banyak untuk menghilangkan bau yang tidak diinginkan. Penggunaan pembersih ini lebih ringan dibandingkan dengan produk kimia.

Untuk membersihkan celah-celah dilantai keramik, dapat digunakan campuran hidrogen peroksida dan air dengan perbandingan yang sama. Setelah itu gunakan sikat gigi untuk membersihkan noda. Sehingga celah-celah keramik juga terlihat bersih secara keseluruhan.

Perawatan lantai keramik itu penting karena jangka waktu pemakaiannya yang sangat lama, bisa sampai puluhan tahun. Lebih mudah dan murah untuk merawatnya dibandingkan harus mengganti lantai keramik secara keseluruhan. (M. Syaifun Nizar)

Sumber : https://www.refin-ceramic-tiles.com/read-the-faq/what-is-the-best-way-to-clean-your-ceramic-tile-floors/