ANDA MEMASUKI WILAYAH ZONA INTEGRITAS BALAI BESAR KERAMIK MENUJU WILAYAH BEBAS DARI KORUPSI DAN WILAYAH BIROKRASI BERSIH MELAYANI                                     LSPro BBK Melayani Jasa Layanan Sertifikasi Industri Hijau

Balai Besar Keramik

Temu Usaha Industri 2

Input By: Superadmin | Posted on: 2019-11-20 17:16:31

Temu Usaha Industri 2

24 Oktober 2019, el-Royale Hotel, Bandung, Indonesia

 

Kementerian Perindustrian telah menyusun inisiatif “Making Indonesia 4.0”. Untuk mengimplementasikan strategi dan Road MapRevolusi Industri 4.0 di Indonesiadilakukan dengan “ultimate goal” yang nantinyamenjadikan Indonesia berada di 10 besar ekonomi terkuat dunia pada tahun 2030. Road Map Making Indonesia 4.0 memberikan arah dan strategi yang jelas bagi pergerakan industri Indonesia di masa yang akan datang, termasuk di lima sektor yang menjadi fokus dan 10 prioritas nasional dalam upaya memperkuat struktur perindustrian Indonesia. Salah satu agenda prioritas dalam Making Indonesia 4.0 ini adalah pembentukan ekosistem inovasi dengan melibatkan berbagai pihak seperti Instansi Litbang pemerintah, Industri dan Asosiasi, Akademisi R&D, Konsultan, Penyedia Teknologi, dan pelaku keuangan.

Balai Besar Keramik atau BBK selaku lembaga penelitian dan pengembangan industri keramik nasional dibawah Badan Penelitian dan Pengembangan Industri– Kementerian Perindustrian, melaksanakan kegiatan Litbang yang berorientasi pada produk-produk teknologi keramik yang mendukung industry 4.0 baik untuk komoditas keramik konvensional maupun keramik maju. Oleh sebab itu BBK juga bertekad kuat untuk berperan sebagai katalisator program pemerintah Making Indonesia 4.0 melalui sharing dan diskusi aktif ke semua pihak yang terkait. Salah satu event yang diadakan BBK adalah Temu Usaha Industri.

Temu Usaha Industri kali ini diadakan pada tanggal 24 Oktober 2019 bertempat di el-Royale Bandung dengan menghadirkan pelaku-pelaku industri keramik dalam negeri membahas topik tentang kesiapan industri menghadapi Industry 4.0 dan sebagai sarana dalam pembentukan ekosistem inovasi. Adapun pembicara dan topik yang disampaikan dalam event Temu Usaha Industri ini yaitu:

  1. Membangun Ekosistem Inovasi di Era Industri 4.0– Manda Pratomo (Kepala Puslitbang Industri KFTLMATE)
  2. Technology Outlook Produk Aneka Keramik - Eddy Suyanto (Ketua ASAKI)
  3. Technology Outlook Produk Gelas - Irawan Budi Utomo (Schott Igar Glass)
  4. Building Smart Factories with HYDRA- Indra Fajar Dirgantara
  5. Implementasi Industri 4.0 - OD Tantyo (Schneider)
  6. Bosch Industry 4.0 Solutions - Toto Suharto (Bosch)
  7. Application SAXS - XRD on Ceramic Techonology - DR. Narygita (Malvern Panalytical)
  8. Efficient Refractories and Insulation for Ceramic Kilns - Ridwan Sumadi (Benteng Api Technic)