ANDA MEMASUKI WILAYAH ZONA INTEGRITAS BALAI BESAR KERAMIK MENUJU WILAYAH BEBAS DARI KORUPSI DAN WILAYAH BIROKRASI BERSIH MELAYANI                                     LSPro BBK Melayani Jasa Layanan Sertifikasi Industri Hijau

Teknologi

Pasar Jepang Minati produk keramik Indonesia

Input By: Dwiyogo Prasetyo | Posted on: 2013-10-12 02:01:51

 

Pasar Jepang Minati produk keramik Indonesia Jakarta, 23 September 2013 – Sejumlah produk-produk kerajinan dan furnitur Indonesia berkualitas yang ditampilkan pada Pameran ASEAN Showcase and Business Matching yang berlangsung 9-11 September 2013, di Tokyo mampu menembus pasar Jepang. Para buyer yang hadir pada pameran tersebut yang merupakan importer, wholesaler, retailer, manufacturer, designer, merchandise store, trading company, department store dan pemilik gallery di Jepang tertarik dengan produk-produk dari Indonesia. "Selain karena kualitas dan desain yang menarik perhatian, faktor harga, minimum order dan waktu pengiriman juga menjadi faktor penentu pertimbangan para buyer tersebut dalam melakukan pemesanan produk Indonesia," jelas Direktur Pengembangan Promosi dan Citra, Pradnyawati

Produk-produk seperti perhiasan mutiara dan tanduk, tas rotan, tas dari kulit kobra, spa, scarf, tikar, keranjang anyaman, produk tableware dari keramik dan kerang, serta aneka produk home decoration dan furnitur, berhasil membukukan total transaksi on the spot untuk contoh produk sebanyak 1.516.300 Yen (USD 15.163).

Selain transaksi on the spot, pameran ASEAN Showcase juga berpotensi untuk menghasilkan kerja sama jangka panjang di masa mendatang. Hal ini terlihat dari hampir seluruh peserta pameran yang mendapatkan order prospektif dari buyer Jepang dengan total nilai kontak dagang sebesar 1.560.500 Yen atau USD 15.605. Permintaan terbesar dari buyer Jepang adalah untuk produk keramik. Tanteri Ceramic, salah satu peserta yng berpartisipasi, sukses mendapatkan order untuk produk cangkir dan 20 produk tableware terbaiknya sebanyak 3 kontainer per tahun.

Beberapa peserta lain yang juga meraih buyer Jepang antara lain Batik Chic yang mendapatkan pesanan sampel untuk produk tas kulit kobra dan obi kimono; Borneo Chic untuk produk tas rotan; Fantasea untuk produk kalung, gelang, dan lampu dari kerang; Galeri Batik Jawa Indigo untuk produk pakaian Hawai dan scarf; Kanawida untuk produk scarf; Sunteak untuk produk furnitur apartemen; Cocona untuk produk spa; dan Yayasan Total Indonesia untuk produk keranjang, alas piring makan, dan tikar.

Pameran ASEAN Showcase and Business Matching merupakan salah satu rangkaian kegiatan promosi produk kerajinan dan furnitur Indonesia di Tokyo yang bertujuan untuk memperkenalkan produk potensial negara ASEAN ke pasar Jepang. Pameran ini merupakan bagian dari rangkaian trade activities implementasi dari The 32nd Annual Meeting of the Council of ASEAN Japan Center yang diselenggarakan pada 14 -15 Maret 2013 di ASEAN Japan Centre Hall.

 

Sumber : http://www.kemendag.go.id/