ANDA MEMASUKI WILAYAH ZONA INTEGRITAS BALAI BESAR KERAMIK MENUJU WILAYAH BEBAS DARI KORUPSI DAN WILAYAH BIROKRASI BERSIH MELAYANI                                     LSPro BBK Melayani Jasa Layanan Sertifikasi Industri Hijau

Balai Besar Keramik

Seminar Nasional Keramik XX

Input By: Superadmin | Posted on: 2021-10-13 16:00:57

Balai Besar Keramik Bandung  kembali menyelenggarakan kegiatan tahunan Seminar Nasional Keramik XX, Rabu 13 Oktober 2021 di Hotel Pullman Bandung Grand Central. Seminar ini terselenggara dengan sukses atas dukungan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia dan Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri

Seminar dibuka oleh Kepala Pusat Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Industri dan Kebijakan Jasa Industri, DR.Ir. Heru Kustanto, M.Si. Dalam sambutannya, beliau menyatakan bahwa ketersediaan pasokan bahan baku yang berkesinambungan menjadi faktor yang tidak kalah penting dalam pengembangan industri keramik Nasional.

Semnas2

Kepala Balai Besar Keramik Ir. Azhar Fitri, M.Si mengatakan acara yang dihelat sebagai media desiminasi hasil penelitian dan perkembangan terkini bidang keramik ini mengambil tema “Hilirisasi Bahan Galian non Logam Indonesia dan Ekonomi Sirkular dalam mendukung Penerapan Industri Hijau”.

Semnas4

Seminar diawali dengan pemaparan lima narasumber yang mewakili pemerintah, praktisi, akademisi, dan industri yaitu Agust Juvenly Purba, ST, MBA (Pejabat Fungsional Pembina Industri pada Direktorat Industri Semen, Keramik, dan Pengolahan Bahan Galian Non Logam, Kementrian Perindustrian RI)  dan Prof.Dr.rer.nat Marta Fani Cahyandito, SE., M.Sc (Guru Besar Ilmu Manajemen Strategis FakultasEkonomi dan Bisnis Universitas Padjajaran , Rr. Sri Gadis Pari Bekti, S.Si, M.Si. (Pejabat Fungsional Analis Kebijakan pada Pusat Industri Hijau Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri),Dra. Sinta Rismayani, MT (Pejabat Fungsional Asesor Manajemen Mutu Industri pada Balai Besar Keramik Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri), Dadang Makmun (PT. Energi Prima Nusantara), dan Djoko Soeprijanto  (PLTU Jateng II Adipala Cilacap) yang mendiskusikan isu-isu terkini tentang sirkular ekonomi dalam mendukung pengembangan industri hijau di Indonesia.

Semnas5

Di samping seminar, pada acara ini dilakukan juga  penandatanganan Nota kesepahaman antara Balai Besar Keramik dengan PT.Energi Prima Nusantara terkait pelatihan, konsultansi dan optimalisasi pemanfaatan teknologi FABA sebagai produk fungsional, dan dengan  Fakultas kedokteran Gigi, Universitas Airlangga terkait dengan Optimalisasi pemanfaatan Teknologi Material Hidroksiapatit (HA) dan aplikasinya di bidang medik.